9 Langkah menuju Wisuda Awal Tahun 2020

6 bulan lagi ikut wisuda!

Bagi mahasiswa semester 3 yang ingin segera menyelesaikan studinya tepat waktu, maka harus komitmen dengan target pencapaian studinya, khususnya progres penelitian tesis. Apabila dipersiapkan sejak sekarang, dimulai dari langkah ke-1, ujian kualifikasi pada awal semester,  september 2019, maka selamat, besar peluangnya 6 (enam) bulan lagi bisa sampai langkah ke-9, yaitu ikut wisuda pada semester ke-4 pada bulan Februari 2020.

Download (PDF, 34KB)

Tentu beda antara mahasiswa yang selesai tepat pada waktuya dengan yang selesai pada waktunya yang tepat. Selesai tepat pada waktunya berarti selesai sesuai ketentuan dan jadwal yang tepat, tidak lebih dari 4 semester. Sedangkan selesai pada waktunya yang tepat, menunjukkan adanya inkomitmen.

Mahasiswa yang lulus dengan memperoleh setatus baru, Magister Pendidikan (M.Pd.) berpeluang lebih dulu mengisi formasi kosong pada setiap lowongan pekerjaan yang relevan. Berbeda dengan mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, sesuai tahapan yang semestinya, bagi mereka ada beban tambahan, yaitu membayar SPP pada semester di mana dia masih belum menyelesaikan studinya. Dari segi mental mereka juga akan mengalami masalah, yaitu semangat yang down karena sudah jarang datang ke kampus, menjadi seperti orang asing di kampusnya sendiri. Selain itu, tentu mereka tidak dapat mengambil peluang formasi pekerjaan lebih awal karena terkendala oleh kurangnya persyaratkan .

Download (PDF, 34KB)