FGD Penyusunan Borang Akreditasi 9 Kriteria: Sebuah Catatan Perjalanan

FGD PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI PROGRAM STUDI (APS) 9 KRITERIA ANTAR PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI

Hotel Pondok Sari 2, Tawangmangu, 27-29 Agustus 2019

Oleh Wahid Hariyanto, M.Pd. & Lukman Hakim, M.Pd.

Hari Pertama, FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria

Selasa, 27 Agustus 2019

Pemberlakuan instrumen akreditasi menjadi berbasis online (SAPTO) dan pergantian dari 7 standar menjadi 9 kriteria menuntut setiap perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri. Dalam hal ini Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN Ponorogo) merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki komitmen besar untuk hal tersebut. Komitmen ini ditunjukkan IAIN Ponorogo dengan mengirim dua orang, Wahid Hariyanto, M.Pd.I. dan Lukman Hakim, M.Pd. untuk mengikuti kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria yang diadakan oleh Institut Agama Islam Negeri Surakarta (IAIN Surakarta). Kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria ini berlangsung selama 3 hari di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti sekitar 60 peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tujuan diadakannya kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria ini adalah selain untuk memantapkan pemahaman mengenai sistem akreditasi 9 kriteria juga digunakan sebagai ajang sharing diantara perguruan tinggi di Indonesia untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka dalam mengimplementasikan kebijakan yang dinilai baru ini. Sehingga perguruan tinggi lain akan dapat belajar dari perguruan tinggi yang sudah menerapkan atau minimal mulai menerapkan 9 kriteria tersebut. Dari beberapa perguruan tinggi yang ada, IAIN Ponorogo merupakan perguruan tinggi yang saat ini masih belajar bagaimana menyusun borang akreditasi 9 kriteria. Sehingga dalam hal ini IAIN Ponorogo melakukan sharing dengan IAIN Surakarta dan beberapa IAIN lain semisal IAIN Pekalongan, IAIN Purwokerto dalam menyusun borang akreditasi 9 kriteria.

Adapun kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria ini dimulai hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019. Sesuai dengan rundown acara yang telah disusun, kegiatan ini dimulai dengan melakukan registrasi peserta dari setiap perguruan tinggi yang menjadi undangan pada pukul 12.00-13.00 wib., yang selanjutnya diikuti pembukaan pada pukul 13.00 wib. Akan tetapi dikarenakan sesuatu hal di luar rencana, pesawat pemateri delay sebanyak dua kali, sehingga acara sempat ditunda sampai pukul 19.00 wib. Untuk mengisi kekosongan acara ini pihak penyelenggaran, IAIN Surakarta mengadakan outbond sebagai sarana untuk mengakrabkan satu peserta dengan peserta yang lain. Terlihat para peserta bersemangat dengan berbagai permainan yang ada. Kekompakan terlihat dari masing-masing kelompok dikarenakan outbond yang dilakukan ada yang berbasis kelompok dan ada yang berbasis individu.

Pada pukul 18.00 wib, pemateri Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. dikabarkan sudah sampai di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu. Sehingga para peserta diharapkan segera bersiap-siap untuk mengikuti kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria. Tepat pukul 19.00 wib. para peserta memasuki aula Hotel Pondok Sari 2 yang berada di lantai 2. Menunggu pemateri datang, acara ini dibuka oleh Dr. Lukman Fauroni, M.Ag. selaku Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu dari LPM IAIN Surakarta dengan melakukan perkenalan dari masing-masing delegasi. Selain menyampaikan nama dan instansi asal, LPM IAIN Surakarta juga meminta perwakilan perguruan tinggi untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh lembaga penjaminan mutu masing-masing institusi untuk mengawal prodi, jurusan bahkan perguruan tingginya yang akan melakukan akreditasi.

Tepat pukul 19.30 wib. Kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria dimulai. Forum ini dibuka oleh Ketua LPM IAIN Surakarta Dr. Muh. Nashirudin, M.A., M.Ag. Dalam sambutannya Dr. Muh. Nashirudin, M.A., M.Ag. menyampaikan selamat datang kepada peserta FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria. Dalam kesempatan ini pula Ketua LPM IAIN Surakarta ini menyampaikan bahwa perguruan tinggi saat ini harus responsif dan semangat dalam menghadapi akreditasi 9 kriteria. Diakhir sambutannya, Ketua LPM IAIN Surakarta mengutarakan pentingnya forum semacam ini untuk dijadikan sebagai sarana berbagi pengetahuan dan pemahaman mengenai instrumen akreditasi program studi 9 kriteria.

Pada kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria ini, pemaparan materi dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama diisi dengan materi Indikator Kinerja Utama (IKU), sesi kedua diisi dengan  materi Indikator Kinerja Tambahan (IKT), dan sesi ketiga diisi dengan penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri Program Studi (LED). Pada hari pertama ini Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. memaparkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT). Dalam penyampaiannya Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. menegaskan untuk membuat Indikator Kinerja Utama (IKU) diperoleh dari Rencana Operasional, Rencana Strategis dan bahkan Rencana Induk Pengembangan jika memungkinkan. Sedangkan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) diturunkan dari Indikator Kinerja Utama (IKU). Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. memaparkan materi pertama dan kedua sampai pukul 22.00 wib. Hari pertama ini kegiatan FGD ditutup oleh Dr. Muhammad Munadi, M.Pd. selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan.

 

Hari Kedua, FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria

Rabu, 28 Agustus 2019

Hari kedua FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria diawali dengan pengisian daftar hadir yang berada di lobi Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu. Hari kedua ini dimulai pada pukul 08.00 wib. Setelah acara dibuka oleh tim LPM IAIN Surakarta, Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. sebagai pemateri tunggal pada kegiatan ini melanjutkan materinya terkait penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Materi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) ini merupakan lanjutan dari materi yang disampaikan kemarin sore yaitu Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT).

Materi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) merupakan materi pokok yang harus dikuasai oleh para peserta FGD khususnya bagi para Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan yang akan mengusulkan akreditasi jurusan mereka kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dari beberapa peserta yang saat ini sedang menyiapkan borang akreditasi 9 kriteria adalah berasal dari IAIN Surakarta sendiri. Pada tahun ini IAIN Surakarta sedang menyusun borang akreditasi untuk Psikologi Islam di jenjang Sarjana, Hukum Ekonomi Syariah di jenjang Magister, dan Manajemen Pendidikan Islam di jenjang Doktor. Bagi jurusan MPI program Doktor, ini merupakan akreditasi pertama kali, sehingga membutuhkan persiapan yang matang agar bisa mendapatkan predikat “Unggul”.

Sesi pertama pada hari kedua ini, Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. memaparkan bagaimana menyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), mulai dari kinerja utama tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; dan luaran dan capaian tridharma. Sesi pertama di akhiri dengan shalat Dzuhur dan makan siang.

Setelah sesi pertama selesai, pemateri, Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. melanjutkan penjelasannya mengenai penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi. Pada sesi kedua ini selain dijelaskan cara menyusun Laporan Evaluasi Diri (LED), Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. berinisiasi untuk membedah borang yang disusun oleh tim akreditasi program studi dari IAIN Surakarta. Dari beberapa hasil bedah borang ini muncul beberapa pertanyaan, khususnya yang berkaitan dengan visi, misi program studi. Karena banyak diantara peserta FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria baru mengetahui bahwa selain visi kelembagaan (institution vision) juga terdapat visi keilmuan akademik (scientific vision) yang perlu ditulis dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi. Visi lembaga (institution vision) merupakan cita-cita yang berkaitan dengan kelembagaan program studi. Sedangkan visi keilmuan akademik (scientific vision) menjabarkan spesialisasi keilmuan yang akan dikembangkan oleh program studi yang bersangkutan. Sesi bedah borang 9 kriteria ini diakhiri pukul 17.30 dan dilanjutkan kembali pada pukul 19.30 wib.

Pada sesi lanjutan bedah borang akreditasi 9 kriteria ini, forum kegiatan FGD tidak lagi dipimpin oleh Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd., akan tetapi forum FGD ini dipimpin oleh ketua LPM IAIN Surakarta Dr. Muh. Nashirudin, M.A., M.Ag. Pada sesi lanjutan ini, Dr. Muh. Nashirudin, M.A., M.Ag. memberikan kesempatan bagi Kaprodi dan Kajur yang saat ini mengusulkan akreditasi program studi dan jurusan untuk membacakan isian Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi yang telah dibuat sebelumnya. Isian Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi yang telah dibacakan oleh Kaprodi maupun Kajur akan dimintakan tanggapan para peserta yang lain guna menyempurnakan deskripsi Laporan Evaluasi Diri (LED). Sesi bedah borang ini selesai pukul 23.00 wib dan sekaligus diakhiri dengan penutupan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria oleh Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Surakarta. Pada kesempatan ini Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag. berpesan kepada Kaprodi dan Kajur agar berusaha maksimal dalam melaksanakan kewajiban mengawal akreditasi prodi dan jurusan yang menjadi tanggung jawabnya.

Hari Ketiga, FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria

Kamis, 29 Agustus 2019

Hari ketiga pada kegiatan FGD Penyusunan Borang APS 9 Kriteria, semua peserta bersiap-siap meninggalkan Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu. Sebelum kembali ke instansi masing-masing para peserta melakukan ramah tamah diiringi bincang ringan. Pada kesempatan ini masing-masing peserta mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan dan juga berharap kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut agar hubungan antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) semakin bertambah erat sehingga mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain.

One thought on “FGD Penyusunan Borang Akreditasi 9 Kriteria: Sebuah Catatan Perjalanan”

  1. Hello there, You’ve done a great job. I will definitely digg it and personally suggest to my friends.
    I’m confident they’ll be benefited from this website.

Comments are closed.