Klinik Artikel dan Publikasi Ilmiah Mahasiswa Program Beasiswa Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah Provinsi Jawa Timur

Klinik Artikel dan Publikasi Ilmiah dilaksanakan dengan berbagai alasan, selain sebagai wujud dari berbagai motivasi di antaranya untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menulis ilmiah, untuk mendorong publikasi ilmiah dan percepatan waktu tempuh studi bagi mahasiswa program peningkatan kualifikasi bagi guru madrasah diniyah. Pengetahuan metodologis terkait penelitian harus selalu di-update agar tidak ketinggalan dengan perkembangan akademik yang ada. Karena hakikatnya ilmu selalu mengalami perkembangan dengan sangat cepat.

Kegiatan klinik artikel diselenggarakan sebagai komitmen Pascasarjana IAIN Ponorogo untuk mendukung terseleesaikannya studi bagi mahasiswa program beasiswa peningkatan kualifikasi bagi guru madrasah diniyah yang sekaligus untuk memacu publikasi artikel mahasiswa sesuai waktu yang direncanakan, yaitu 4 semester. Secara khusus kegiatan tersebut dimaksudkan untuk:

  1. Mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa;
  2. Memacu publikasi yang dilakukan dari kalanan mahasiswa;
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian mahasiswa sebagai sumbangsih dalam penembangan keilmuan.

Kegiatan ini dirancang dengan model pendampingan intesif yang dilaksanakan dalam satu hari penuh dengan susunan kegiatan yang telah ditentukan. Kegiatan yang dilakukan menggunakan pendekatan proses (process-based-approach). Kegiatan ini diarahkan untuk finalisasi naskah artikel dengan pendampingan tutor yang ditunjuk oleh Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam.  Pada prosesnya kegiatan ini melibatkan tutor yang langsung mendampingi pada proses finalisasi naskah artikel.

 

Strategi & Teknik Paraphrasing_M Harir Muzakki