Klinik Tesis Mahasiswa Penerima Beasiswa Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madin

Rabu, 24 Februari 2021 Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana IAIN Ponorogo menyelenggarakan kegiatan yang difokuskan untuk memantik progress penulisan tesis mahasiswa penerima beasiswa program peningkatan kualifikasi akademik guru madin Pemprov Jawa Timur kerja sama dengan Pascasarjana IAIN Ponorogo yang sudah berlangsung sejak tahun 2019.

Hadir pada kegiatan tersebut para mahasiswa yang berjumlah 20 orang, Kaprodi Magister MPI, Dr. Nur Kolis, skretaris Wahid Hariyanto, M.Pd.I, dan segenap pejabat Pascasarjana IAIN Ponorogo, Direktur Dr. Aksin, Wakil Direktur Dr. Abid Rohmanu, dan Kasubag Akademik, Sirojudin Ahmad, M.H.I. Direktur dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa menulis itu perlu konsistensi dan banyak membaca untuk memperkaya wawasan yang berkaitan dengan teori sesuai objek kajian penelitian masing-masing. Sedangkan Kasubag Akademik menyampaikan rambu-rambu akademik yang harus diperhatikan oleh mahasiswa agar bisa selesai tepat waktu. Antara lain beliau menyampaikan bahwa mahasiswa harus selalu memperhatikan kalender akademik yang sudah dicanangkan oleh Pascasarjana.

Revisi-KALENDER AKADEMIK.PDF

Dalam rangka mengumpulkan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa, Wahid Hariyanto, skretaris Program Magister Prodi MPI, membagikan form kepada mahasiswa. Berdasarkan jawapan yang dikumpulkan dari form tersebut, Prodi MPI bisa menyimpulkan bagaimana progress penulisan tesis mahasiswa dan selanjutnya mengambil langkah solutif.

 

Hasil Progress Report

MENGINGAT:

  1. Penyelesaian studi bagi mahasiswa madin harus tepat waktu 4 semester.
  2. Batas akhir ujian tesis 7 Mei 2021, sehingga minggu terakhir bulan Maret atau minggu pertama bulan April harus sudah daftar ujian tesis.
  3. Tanggal 15 Juni 2021 kegiatan semester genap harus sudah selesai.

MENIMBANG:

  1. Terkendala naskah masih di dosen
  2. Terkendala kebuntuan berpikir (ide, analisis)
  3. Tesis masih dalam bentuk proposal
  4. Waktu yang mepet

MEMUTUSKAN:

  1. Perlu komunikasi dengan dosen pembimbing untuk menindaklanjuti hasil progress report
  2. Perlu merealisasikan klinik tesis (Sabtu pagi jam 09.00, mahasiswa dibagi 3 kelompok dengan 2 mentor setiap kelompok (mentor: direktur, wakil direktur, kaprodi)__perlu komunikasi dg kaprodi yg lain.
  3. Perlu strategi menulis 3 halaman per hari