20 Guru Madrasah Diniyah di Jawa Timur Dikukuhkan Menjadi Magister Pendidikan di IAIN Ponorogo

Pengukuhan sebagai Magister yang dalam bahasa akademiknya disebut yudisium Magister, merupakan even terpenting dalam proses akademik Perguruan Tinggi Strata 2 atau S2. Tahun ini, Program Magister Pascasarjana IAIN Ponorogo mengukuhkan 102 Magister, terdiri dari 54 orang Magister Pendidikan (M.Pd.) dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Bahasa Arab dan 48 orang Magister dari Prodi Hukum Keluarga Islam bergelar MH dan Ekonomi Syariah dengan gelar ME.
Sebanyak 20 orang di antara peserta yudisium merupakan guru Madrasah DIniyah yang berasal dari daerah Ponorogo dan sekitarnya, seperti Ngawi, Magetan, Madiun, dan Pacitan. Keduapuluh guru Madrasah Diniyah ini adalah mahasiswa program beasiswa peningkatan kualifikasi akademik S2 Guru Madin Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan IAIN Ponorogo tahun 2019 yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Usia mereka bervariasi antara 25 sampai 43 tahun sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa yang tidak boleh lebih dari 45 tahun saat mendaftar.


Antara hal yang membanggakan adalah 6 orang di antara calon wisudawan ini dikukuhkan menjadi Magister Pendidikan dengan nilai chumlaude (3.75+). Mereka adalah Agus Syaikhoni, M.Pd., Ani Rahmawati, M.Pd., Dina, M.Pd., Miftahul In’am, M.Pd., Muhammad Habibul Annami, M.Pd., dan Muhammad Mabrur, M.Pd.. Prestasi chumlaude yang diperoleh menandakan Guru Madrasah Diniyah memiliki potensi yang baik untuk dikembagkan antara lain melalui program Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah (LPPD) Pemprov Jawa Timur seperti ini.
Pada kesempatan ini, Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Evi Muaviah, M.Ag. mengucapkan terimakasih kepada Ibu Gubernur Jawa Timur atas kerja sama yang terbangun sejak tahun 2019 dan diperbaharui lagi pada tahun ini, 2021. Beasiswa peningkatan kualifikasi pendidikan S2 Guru Madrasah Diniyah yang diberikan telah berhasil meluluskan 20 orang guru yang bergelar Magister Pendidikan tepat waktu, yaitu 4 semester. Semoga Program yang sama pada tahun 2021 ini juga berjalan dengan baik sesuai tujuan yang diinginkan oleh semua pemangku kepentingan.