VISI, MISI, TUJUAN, & SASARAN

Visi

Menjadi Program Studi yang menghasilkan magister unggul dalam pengembangan Ilmu Manajemen bidang Perencanaan dan Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Islam pada Tahun 2022

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu manajemen bidang perencanaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam level magister;
  2. Melaksanakan penelitian dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner dalam perencanaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam;
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang perencanaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam;
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan mutu perencanaan dan penyelenggaraan Lembaga pendidikan Islam
  5. Tujuan
    1. Terselenggarakannya pendidikan dan pengajaran ilmu manajemen bidang perencanaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam level magister;
    2. Terlaksananya penelitian dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner dalam perencanaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam;
    3. Terlaksananya pengabdian masyarakat di bidang perencanaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam;
    4. Terjalinnya kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan mutu perencanaan dan penyelenggaraan Lembaga pendidikan Islam
  6. Sasaran

Sasaran adalah target yang terukur, sebagai indikator tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan. Mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Pascasarjana IAIN Ponorogo tahun 2018-2022, SK Direktur Pascasarjana Nomor:107/In.32.6/03/2018 tertanggal 1 Maret 2018, sasaran Program Magister Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Ponorogo direalisasikan dalam 4 (empat) bidang, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama.

Pendidikan dan Pengajaran

  1. Terwujudnya tenaga dosen Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki jabatan Guru Besar dengan strategi mendorong dan memfasilitasi dosen untuk menulis pada jurnal internasional
  2. Dosen menerbitkan karya ilmiah buku setahun sekali melalui strategi: Mendorong dosen untuk menulis sesuai keilmuan dan mendorong dosen untuk mengumpulkan makalah yang telah dipresentasikan pada diskusi, seminar, workshop, dll
  3. Mahasiswa menyelesaikan studi dalam waktu 4 semester melalui strategi: Sesuai kurikulum yang berlaku di Pascasarjana IAIN Ponorogo, teori diselesaikan dalam 3 semester; Sesuai point 1 tersebut pada semester 1 telah diberikan mata kuliah metodologi penelitian; Menjadwalkan seminar proposal tesis antara semester 2 dan semester 3, dan juga ditengah-tengah semester 3
  4. Mahasiswa menulis tesis tentang masalah kontemporer berkenaan dengan manajemen pendidikan Islam, dengan strategi: Seleksi pengajuan latar belakang masalah penelitian untuk diangkat menjadi judul penelitian tesis; Pembimbingan sesuai kompetensi keilmuan tesis; Ujian kualifikasi; Seminar proposal tesis; dan Ujian tesis
  5. Mahasiswa lulus tes TOEFL skor minimal 485. Strateginya: Seleksi calon mahasiswa melalui tes ujian masuk; PMB 16 kali tatap muka, termasuk TTS dan TAS; melaksanakan ujian kualifikasi, seminar proposal tesis, dan ujian tesis
  6. IPK mahasiswa rata-rata 3, melalui strategi: Seleksi calon mahasiswa melalui tes ujian masuk; PMB 16 kali tatap muka, termasuk TTS dan TAS; melaksanakan ujian kualifikasi, seminar proposal tesis, dan ujian tesis
  7. Kurikulum yang digunakan di Pascasarjana IAIN Ponorogo berbasis KKNI dan SNPT. Strateginya: Setiap dosen membuat perangkat pembelajaran berbasis KKNI dan SNPT; dan Semua dosen menyiapkan RPS berbasis KKNI
  8. Ruang kelas dilengkapi LCD Proyektor dan Air Condisioner (AC). Strateginya: Terpasang LCD dan AC di semua ruang kelas
  9. Akses WIFI pada seluruh ruang kelas dan kantor administrasi dengan strategi: Meningkatkan kecepatan akses WIFI
  10. Meningkatkan keahlian karyawan sesuai bidangnya melalui strategi: Mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di dalam kampus maupun di luar kampus; dan Memberikan panduan kinerja, SOP atau Job Description
  11. Meningkatkan mutu layanan melalui strategi Mengimplementasikan system layanan akademik dengan SIAKAD dan Perpustakaan; dan Melengkapi sarana prasarana terkait dengan layanan akademik berbasis computer

Penelitian

  1. Dosen melakukan penelitian setahun sekali. Strateginya: Memfasilitasi penelitian berbasis prodi, baik individual maupun kolektif dengan kerjasama pada lembaga penelitian kampus
  2. Dosen melakukan penelitian tingkat lanjut (dana hibah kompetitif). Strateginya: Memfasilitasi terbentuknya proposal penelitian kompetitif baik di dalam maupun di luar kampus

Pengabdian kepada Masyarakat

Dosen melakukan pengabdian masyarakat dengan strategi: Melakukan kerjasama penyelenggaraan pengabdian masyarakat; dan Pendampingan kewirausahaan produksi dalam pengabdian masyarakat

Kerjasama

Melakukan kerjasama dengan institusi dari dalam dan luar negeri, dengan strategi menindaklanjuti hasil kerjasama (MoU) dengan kegiatan riil